Senin, 29 Mei 2017

Promosi

Usaha untuk mendorong peningkatan volume penjualan yang tampak paling agresif adalah dengan cara promosi. Dasar pengembangan
promosi adalah komunikasi
promosi adalah:a)arus informasi atau persuasi satu arah  yang  dibuat
untuk  mengarahkan  sesesorang  atau  organisasi  kepada  tindakan  yang
menciptakan   pertukaran   dalam   pemasaran.
b) semua jenis kegiatan
pemasaran ditujukan untuk mendorong permintaan.Dari pengertian
tersebut maka promosi merupakan usaha penciptaan pertukaran atau
dorongan permintaan.Promosi  dapat  dilakukan  melalui  metode,  promosi
penjualan, petugas penjualan dan publisitas.
14
a)Periklanan
Periklanan  merupakan  bentuk  komunikasi  bukan  pribadi  yang
dijalankan melalui media yang dibayar atas usaha. Periklanan
mempunyai banyak kegunaan,antara lain: pembentukan   citra
organisasi  yang  panjang,  pembentukan  merk,  penyebaran  informasi,
pelayanan  tertentu,  anjuran  atas  suatu  maksud.  Periklanan  bersifat
membujuk  atau  mengajak  masyarakat  agar  mau  membeli  barang  atau
jasa  yang  dihasilkan  oleh  perusahaan  yang  melakukan
pengiklanan
tersebut,  sehingga  pengiklanan  merupakan  suatu  proses,  yaitu  suatu
proses  kegiatan  untuk  mempersiapkan  berita  dan  menyebarkan  kepada
pasar,  sementara  iklan  adalah  beritanya  itu  sendiri.  Selain  itu,  iklan
juga  berfungsi  sebagai  alat  persuasi,  m
enciptakan  kesan,  memuaskan
keinginan dan alat komunikasi.
b)Promosi Penjualan
Promosi penjualan merupakan   satu   bagian   dari   kegiatan
promosi.  Promosi penjualan  mencoba  untuk  memasuki  dan  membujuk
konsumen  dengan  sarana  atau  alat  serta  metode  yang  diawasi  oleh
perusahaan itu sendiri. Beberapa saranayang digunakan   dalam
promosi   penjualan agar kegiatan   tersebut   mencapai   sasaran   yang
diinginkan  antara  lain
:
(1)sampel,kupon,paketharga,  premi dan tradingstamps,
(2)display  point  of  purchase dandeminstrasi,
(3)promosi  dagang;
(4)konvensbisnis  dan  pamerandagang;
(5)perlombaan, undian dan permainan.

Petugas Penjualan
Petugas  penjualan    adalah    pemasaran    yang    mengadakan
interaksiantar  individu  saling  bertemu  muka  yang  ditujukan  untuk
menciptakan,    memperbaiki,    menguasai ataupun mempertahankan
hubungan  pertukaran  yang  saling  menguntungkan  dengan  pihak  lain
 Pengertian tersebut mengandung maksud ,
bahwa  untuk  melaksanakan  kegiatan  petugas  penjualan  diperlukantenaga
manusia yang bayak dan terampil untuk memperkenalkan suatu
produk,  serta  menguasai  secara  detail  tentang  identitas  dan  manfaat
produk  yang  akan  dijual.  Tahap
-
tahap  proses  bertugas  penjualan  yang
perlu mendapat perhatian adalah sebagai berikut:
(1)persiapan sebelumpenjualan;
(2)  penentuan  lokasi  pembeli  potensial;
(3)  pendekatan
pendahuluan   ; 
(4)   melakukan   penjualan; 
(5)   pelayanan   sesudah penjualan.

Publisitas
Publisitas merupakan sebagian kecil dari hubungan masyarakat,
karena   publisitas   adalah   merupakan
informasi   tentang   seseorang,
barang  atau  organisasi  yang  disebarluaskan  ke  masyarakat  melalui
media,dengan tanpa dipungut biaya atau tanpa pengawasan   darisponsor.
Bagi  perusahaan  atau  industri  yang  penting  adalah  memilih
metode  dan  media  yang  sesuai  untuk  memberikan  informasi  kepada
konsumen,  sehingga  peningkatan  penjualan  lebih  besar  dibandingkan
dengan  biaya  yang  harus  dikeluarkan.  Ada  beberapa  strategi  untuk
promosi, yaitu berikut ini.
Push  strategy
yaitu promosi  dengan  menitikberatkan  pada  usaha petugas penjualan    penjualan  terhadap  semua  tingkatan  saluran
distribusi agar dapat menjual lebih banyak.

Pull strategy
yaitu promosi yang memfokuskan pada kegiatan iklan
yang  ditujukan  pada  konsumen  secara  intensif  dan  ekstensif  agar
konsumen termotivasi untuk membeli lebih banyak

Pull  dan  push  strategy
menerapkan  kedua  cara  strategy  tersebut
secara bersama-sama

0 komentar:

Posting Komentar