promosi adalah komunikasi
promosi adalah:a)arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat
untuk mengarahkan sesesorang atau organisasi kepada tindakan yang
menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
b) semua jenis kegiatan
pemasaran ditujukan untuk mendorong permintaan.Dari pengertian
tersebut maka promosi merupakan usaha penciptaan pertukaran atau
dorongan permintaan.Promosi dapat dilakukan melalui metode, promosi
penjualan, petugas penjualan dan publisitas.
14
a)Periklanan
Periklanan merupakan bentuk komunikasi bukan pribadi yang
dijalankan melalui media yang dibayar atas usaha. Periklanan
mempunyai banyak kegunaan,antara lain: pembentukan citra
organisasi yang panjang, pembentukan merk, penyebaran informasi,
pelayanan tertentu, anjuran atas suatu maksud. Periklanan bersifat
membujuk atau mengajak masyarakat agar mau membeli barang atau
jasa yang dihasilkan oleh perusahaan yang melakukan
pengiklanan
tersebut, sehingga pengiklanan merupakan suatu proses, yaitu suatu
proses kegiatan untuk mempersiapkan berita dan menyebarkan kepada
pasar, sementara iklan adalah beritanya itu sendiri. Selain itu, iklan
juga berfungsi sebagai alat persuasi, m
enciptakan kesan, memuaskan
keinginan dan alat komunikasi.
b)Promosi Penjualan
Promosi penjualan merupakan satu bagian dari kegiatan
promosi. Promosi penjualan mencoba untuk memasuki dan membujuk
konsumen dengan sarana atau alat serta metode yang diawasi oleh
perusahaan itu sendiri. Beberapa saranayang digunakan dalam
promosi penjualan agar kegiatan tersebut mencapai sasaran yang
diinginkan antara lain
:
(1)sampel,kupon,paketharga, premi dan tradingstamps,
(2)display point of purchase dandeminstrasi,
(3)promosi dagang;
(4)konvensbisnis dan pamerandagang;
(5)perlombaan, undian dan permainan.
Petugas Penjualan
Petugas penjualan adalah pemasaran yang mengadakan
interaksiantar individu saling bertemu muka yang ditujukan untuk
menciptakan, memperbaiki, menguasai ataupun mempertahankan
hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain
Pengertian tersebut mengandung maksud ,
bahwa untuk melaksanakan kegiatan petugas penjualan diperlukantenaga
manusia yang bayak dan terampil untuk memperkenalkan suatu
produk, serta menguasai secara detail tentang identitas dan manfaat
produk yang akan dijual. Tahap
-
tahap proses bertugas penjualan yang
perlu mendapat perhatian adalah sebagai berikut:
(1)persiapan sebelumpenjualan;
(2) penentuan lokasi pembeli potensial;
(3) pendekatan
pendahuluan ;
(4) melakukan penjualan;
(5) pelayanan sesudah penjualan.
Publisitas
Publisitas merupakan sebagian kecil dari hubungan masyarakat,
karena publisitas adalah merupakan
informasi tentang seseorang,
barang atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui
media,dengan tanpa dipungut biaya atau tanpa pengawasan darisponsor.
Bagi perusahaan atau industri yang penting adalah memilih
metode dan media yang sesuai untuk memberikan informasi kepada
konsumen, sehingga peningkatan penjualan lebih besar dibandingkan
dengan biaya yang harus dikeluarkan. Ada beberapa strategi untuk
promosi, yaitu berikut ini.
Push strategy
yaitu promosi dengan menitikberatkan pada usaha petugas penjualan penjualan terhadap semua tingkatan saluran
distribusi agar dapat menjual lebih banyak.
Pull strategy
yaitu promosi yang memfokuskan pada kegiatan iklan
yang ditujukan pada konsumen secara intensif dan ekstensif agar
konsumen termotivasi untuk membeli lebih banyak
Pull dan push strategy
menerapkan kedua cara strategy tersebut
secara bersama-sama
0 komentar:
Posting Komentar