pemasaran ini memperlihatkan
kekuatan dan kelemahan perusahaan yang penting dan menghidupkan posisinya
dalam industri,menegaskan bidang-bidang dimana perusahaan strategi dapatmenghasilkan
manfaat terbesar, serta menyoroti bidang-bidang dimana
kecenderungan industri menjanjikan adanya peluang dan ancaman yang besar.
Untuk dapat menentukan strategi dalam melakukan suatu pemasaran, terlebih
dahulu mempertimbangkan empat faktor utama yang dapat dicapai perusahaan
itu meliputi faktor intern dan faktor ekstern.
Lingkungan Internal
Analisis lingkungan internal dilakukan evaluasi secara periodik
kekuatan dan kelemahan untuk variabel-variabel yang ada dalam bidang
pemasaran yang meliputi ; produk; harga; promosi dan di
stribusi.
1)Produk
Kebijakan produk meliputi perencanaan dan pengembangan
produk. Kegiatan ini penting terutama dalam lingkungan yang berubah-ubah oleh karenanya perusahaan dituntut untuk menghasilkan dan
menawarkan produk yang bernilai dan sesuai dengan sel
era konsumen.
Produk berdasarkan tujuan pemakaiannya dapat dibedakan menjadi dua
yaitu barang konsumsi dan barang industri. Produk yang dihasilkan oleh
setiap perusahaan memiliki ciri-ciri khusus yang disesuaikan dengan
kondisi masing-masing perusahaan. Sedangkan selera konsumen setiap saatdapat berubah, sehingga
bauran produk (product mix) harus bersifatdinamis.
2)Harga
Harga suatu produk dapat dikatakan sebagai alat pemasaran yang
cukup penting,dibandingkan dengan bauran pemasaran lainnya. Hal ini disebabkan,
misalnya karena perubahan harga suatuprodukakan
mengakibatkan perubahan kebijakan saluran distribusi dan
promosi.meskipun tidak disangkal bahwa suatu tingkat harga harus dapat menutupbiaya bauran pemasaran.
Tinggi atau rendahnya harga suatu produk akan tergantung pada
faktor-faktor sebagai berikut :
a)Permintaan
Apabila permintaan konsumen terhadap produk tinggi biasanya
merupakan indikator bahwa daya beli konsumen tinggi. Dengan
kondisi demikian maka harga akan dapat ditetapkan
secara maksimal.
b)Biaya
Penetapan harga secara minimal sebatas tingkat biaya produksi yang
dikeluarkan oleh perusahaan termasuk memperhatikan juga kondisi
perekonomiannya.
c)Persaingan
Faktor ini dapat menyebabkan tingkat harga berada diantara dua
ekstrem ya
itu pada tingkat eksterm terendah (eksterm minimal) dan
pada tingkat harga tertinggi (eksterm maximal). Jika pada suatu
kondisi daya beli mesyarakat tetap tinggi, tetapi perusahaan
dihadapkan pada persaingan maka perusahaan tesebut harus
menyesuaikan terh
adap kondisi persaingan yang dihadapi.
d)Kebijakan Pemerintah
Faktor ini sering menjadi kendala dalam penetapan harga standar.
Berkaitan dengan kebijakan pemerintah adalah faktor tanggung jawab
sosial perusahaan.Pemerintah mengambil kebijakan dalam
mengendalikan harga dari perusahaan dengan alasan utama dalam
bauran pemasaran yang menghasilkan penjualan. Oleh sebab itu
penetapan harga perlu strategi artinya tidak terlalu tinggi juga tidak
terlalu rendah.
0 komentar:
Posting Komentar