Senin, 29 Mei 2017

Unsur - unsur strategi pemasaran

Sumber-sumber   yang   mendasari tekanan
pemasaran ini memperlihatkan
kekuatan  dan  kelemahan  perusahaan  yang  penting  dan  menghidupkan  posisinya
dalam industri,menegaskan bidang-bidang dimana perusahaan   strategi   dapatmenghasilkan
manfaat terbesar, serta menyoroti bidang-bidang dimana
kecenderungan industri menjanjikan adanya peluang dan ancaman yang besar.
Untuk dapat menentukan strategi  dalam  melakukan  suatu  pemasaran,  terlebih
dahulu mempertimbangkan empat faktor utama yang dapat dicapai perusahaan
itu meliputi faktor intern dan  faktor ekstern.

Lingkungan Internal
Analisis   lingkungan internal dilakukan   evaluasi   secara   periodik
kekuatan   dan   kelemahan   untuk variabel-variabel   yang   ada   dalam   bidang
pemasaran yang meliputi ; produk; harga; promosi dan di
stribusi.
1)Produk
Kebijakan produk meliputi perencanaan dan pengembangan
produk.  Kegiatan  ini  penting  terutama dalam lingkungan  yang  berubah-ubah   oleh   karenanya   perusahaan   dituntut   untuk   menghasilkan   dan
menawarkan  produk yang  bernilai dan sesuai  dengan  sel
era  konsumen.
Produk  berdasarkan tujuan pemakaiannya dapat dibedakan menjadi dua
yaitu barang konsumsi dan barang industri. Produk yang  dihasilkan  oleh
setiap   perusahaan   memiliki ciri-ciri khusus yang disesuaikan dengan
kondisi masing-masing perusahaan. Sedangkan selera konsumen setiap saatdapat berubah, sehingga
bauran produk (product mix) harus bersifatdinamis.
2)Harga
Harga suatu produk  dapat dikatakan sebagai alat pemasaran  yang
cukup  penting,dibandingkan  dengan  bauran  pemasaran  lainnya.  Hal  ini disebabkan,
misalnya karena perubahan harga   suatuprodukakan
mengakibatkan perubahan kebijakan saluran distribusi   dan
promosi.meskipun tidak disangkal  bahwa  suatu  tingkat  harga  harus  dapat  menutupbiaya bauran pemasaran.
Tinggi  atau  rendahnya  harga  suatu  produk  akan  tergantung  pada
faktor-faktor sebagai berikut :
a)Permintaan
Apabila permintaan konsumen terhadap produk tinggi biasanya
merupakan   indikator   bahwa daya beli konsumen tinggi.   Dengan
kondisi demikian maka harga akan dapat ditetapkan
secara maksimal.
b)Biaya
Penetapan  harga  secara  minimal  sebatas  tingkat  biaya  produksi  yang
dikeluarkan oleh perusahaan  termasuk  memperhatikan  juga  kondisi
perekonomiannya.
c)Persaingan
Faktor ini dapat menyebabkan tingkat  harga  berada  diantara  dua
ekstrem  ya
itu  pada  tingkat  eksterm  terendah  (eksterm  minimal)  dan
pada  tingkat  harga  tertinggi (eksterm  maximal).  Jika  pada  suatu
kondisi daya beli  mesyarakat  tetap  tinggi, tetapi perusahaan
dihadapkan pada persaingan maka perusahaan tesebut harus
menyesuaikan terh
adap kondisi persaingan yang dihadapi.
d)Kebijakan Pemerintah
Faktor  ini  sering  menjadi  kendala  dalam  penetapan  harga  standar.
Berkaitan dengan kebijakan pemerintah adalah faktor tanggung jawab
sosial perusahaan.Pemerintah mengambil kebijakan dalam
mengendalikan  harga  dari  perusahaan  dengan  alasan  utama  dalam
bauran  pemasaran yang  menghasilkan penjualan. Oleh sebab itu
penetapan harga perlu strategi artinya tidak terlalu tinggi juga tidak
terlalu rendah.


0 komentar:

Posting Komentar