Senin, 29 Mei 2017

Strategi pemasaran pendekatan analistis.

Dalam    merumuskan    strategi    pemasaran    dibutuhkan    pendekatan
-pendekatan  analistis.  Pendekatan  strategi  pemasaran  suatu  perusahaan  untuk
menanggapi  setiap  perubahan  kondisi  pasar  dan  faktor  biaya  tergantung  pada
analisis terhadap faktor-faktor berikut ini
a.Faktor lingkungan
Analisis  terhadap  faktor  lingkungan  seperti  pertumbuhan  populasi
dan  peraturan  pemerintah  sangat  penting  untuk  mengetahui  pangaruh  yang
ditimbulkannya  pada  bisnis  perusahaan.  Selain  itu  faktor-faktor  seperti
perkembangan  teknologi,  tingkat  inflasi  dan  gaya  hidup  juga  tidak  boleh
diabaikan.   Hal-hal   tersebut   merupakan   faktor   lingkungan   yang   harus
dipertimbangkan sesuai dengan produk dan pasar perusahaan;
b.Faktor pasarSetiap perusahaan perlu selalu memperhatikan danmempertimbangkan faktor-faktor
seperti ukuran  pasar, tingkatpertumbuhan,  tahap  perkembangan,  trend  dalam  sistem  distribusi,  pola
perilaku  pembeli,  permintaan  musiman,  segmen  pasar  yang  ada  saat  ini atau  yang  dapat  dikembangkan  lagi,  dan  peluang-peluang  yang  belum
terpenuhi.

c.Faktor persaingan
Dalam   kaitannya   dengan   persaingan,   setiap   perusahaan perlu
memahami siapa pesaingnya, bagaimana posisi produk/pasar pesaing
tersebut,  apa  strategi  mereka,  kekuatan  dan  kelemahan  pesaing,  struktur biaya pesaing, dan kapaistas produksi pesaing;
d.Faktor analisis kemampuan internalSetiap    perusahaan    perlu    menilai    kekuatan    dan    kelemahan dibandingkan  para  pesaingnya.  Penilaian  tersebut  dapat  didasarkan  pada
faktor-faktor   seperti   tekhnologi,   sumber   daya   finansial,   kemampuan pemanufakturan, kekuatan pemasaran dan basis pelanggan yang dimiliki;
e.Faktor perilaku konsumen Perilaku  konsumen  perlu  dipantau  dan  dianalisis  karena  hal  ini
sangat  bermanfaat  bagi  pengembangan  produk,  desain  produk,  penetapan
harga, pemilihan saluran distribusi dan penentuan strategi promosi. Analisis
perilaku  konsumen  dapat  dilakukan  dengan  penelitian  (riset  pasar),  baik
melalui observasi maupun metode survai;
f.Faktor analisis ekonomi
Dalam analisis ekonomi, perusahaan dapat  memperkirakan
pengaruh setiap  peluang  pemasaran  terhadap  kemungkinan  mendapatkanlaba.  Analisis  ekonomi  terdiri  atas  analisis    terhadap  komitmen  yang
diperlukan,  analisis  BEP  (break  even  point),  penilaian  resiko/laba,  dan
analisis faktor ekonomi pesaing

0 komentar:

Posting Komentar