Senin, 29 Mei 2017

Strategi Pemasaran


Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi pemasarann merupakan suatu manajemen yang disusun untuk
mempercepat pemecahan persolalan pemasaran dan membuat keputusan-keputusan yang bersifat strategis.
Setiap fungsi manajemen memberikan
kontribusi tertentu pada saat penyusunan strategi pada level yang berbeda.
Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki kontak paling besar dengan
lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas
terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu pemasaran memainkan peranan
penting dalam pengembangan strategi.
Dalam peranan strategisnya, pemasaran mencakup setiap usaha untuk
mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya dalam rangka mencari pemecahan atas
masalah penentuan dua pertimbangan pokok, yaitu

Bisnis
ada yang digeluti perusahaan pada saat ini dan jenis bisnis apa yangdapat dimasuki di masa mendatang.
b.Bagaimana bisnis yang telah dipilih tersebut dapat dijalankan dengansukses dalam lingkungan yang kompetitif
 atas dasar perspektif produk,harga promosi dan distribusi (bauran pemasaran) untuk melayani pasar sasaran.
Dalam  konteks  penyusunan  strategi,  pemasaran
memiliki  2 dimensi,
yaitu dimensi saat ini dan dimensi yang akan datang.
Dimensi saat ini berkaitan
dengan  hubungan  yang  telah  ada  antara  perusahaan  dengan  lingkungannya.
Sedangkan  dimensi  masa  yang  akan  datang  mencakup  hubungan  dimasa  yang
akan  datang  yang  diharapkan  akan  dapat  terjalin  dan  program  tindakan  yang
diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.Strategi    pemasaran  terdiri  dari  prinsip
-prinsip  dasar  yang  mendasari manajemen  untuk  mencapai  tujuan  bisnis  dan  pemasarannya  dalam  sebuah
pasar   sasaran,   strategi   pemasaran   mengandung   keputusan   dasar   tentang pemasaran,bauran
pemasaran,bauran   pemasaran   dan   alokasi   pemasaran.

Dari   pengertian diata struktu manajemen  pemasaran strategis
menggambarkan  masukan  yang  digunakan  perusahaan  untuk  mengidentifikasi
dan  memilih  strategi.  Masukan  tersebut  diperoleh  me
lalui  analisis  lingkungan
internal  dan  lingkungan  eksternal.  Kekuatan-kekuatan  lingkungan  makro  yang
utama  meliputi  :demografi,  teknologi,  politik,  hukum  dan  sosial  budaya  yang
mempengaruhi  bisnis.  Disamping  itu  perlu  selalu  memonitor  pelaku-pelaku lingkungan  mikro  yang  utama  yaitu  :  pelanggan  pesaing,  saluran  distribusi,
pemasok,  pendatang  baru  dan  produk  pengganti  yang  akan  mempengaruhi
kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba dipasar sasaran.
Dalam  Strategi  pemasaran  terdiri  atas  lima  elemen-elemen  yang  saling
berkait. Kelima elemen tersebut adalah

a.Pemilihan  pasar,  yaitu  memilih  pasar  yang  akan  dilayani.  Keputusan  inididasarkan pada faktor-faktor  berikut ini.
1)Persepsi  terhadap  fungsi  produk  dan  pengelompokan  teknologi  yangdapat diproteksi dan didominasi;
2)Keterbatasan sumbar daya internal yang mendorong perlunya pemusatan(fokus) yang sempit ;
3)Pengalaman  kumulatif  yang  didasarkan  padatrial-aud-errordi  dalammenanggapi peluang dari akses terhadap sumber daya langka ataupasar yang terproteksi.
Pemilihan pasar dimulai dengan melakukan segmentasi pasar dan kemudian
memilih  pasar  sasaran  yang  paling  memungkinkan  untuk  dilayani  oleh
perusahaan.
b.Perencanaan produk, meliputi spesifik yang terjual, pembentukan lini produkdan desain penawaran individual pada masing-masing lini. Produk itu sendiri
menawarkan   manfaat   total   yang   dapat   diperoleh   pelanggan   dengan
melakukan  pembelian.  Manfaat  tersebut  meliputi  produk  itu  sendiri,  nama
merek  produk,  ketersediaan  produk,  jaminan  atau  gar
ansi,  jasa  reparasi  dan
bantuan  teknis  yang  disediakan  penjual,  serta  hubungan  personal  yang
mungkin terbentuk diantara pembeli dan penjual;
c.Penetapan  harga,  yaitu  menentukan  harga  yang  dapat  mencerminkan  nilai
kuantitatif dari produk kepada pelanggan;

0 komentar:

Posting Komentar