Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi pemasarann merupakan suatu manajemen yang disusun untuk
mempercepat pemecahan persolalan pemasaran dan membuat keputusan-keputusan yang bersifat strategis.
Setiap fungsi manajemen memberikan
kontribusi tertentu pada saat penyusunan strategi pada level yang berbeda.
Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki kontak paling besar dengan
lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas
terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu pemasaran memainkan peranan
penting dalam pengembangan strategi.
Dalam peranan strategisnya, pemasaran mencakup setiap usaha untuk
mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya dalam rangka mencari pemecahan atas
masalah penentuan dua pertimbangan pokok, yaitu
Bisnis
ada yang digeluti perusahaan pada saat ini dan jenis bisnis apa yangdapat dimasuki di masa mendatang.
b.Bagaimana bisnis yang telah dipilih tersebut dapat dijalankan dengansukses dalam lingkungan yang kompetitif
atas dasar perspektif produk,harga promosi dan distribusi (bauran pemasaran) untuk melayani pasar sasaran.
Dalam konteks penyusunan strategi, pemasaran
memiliki 2 dimensi,
yaitu dimensi saat ini dan dimensi yang akan datang.
Dimensi saat ini berkaitan
dengan hubungan yang telah ada antara perusahaan dengan lingkungannya.
Sedangkan dimensi masa yang akan datang mencakup hubungan dimasa yang
akan datang yang diharapkan akan dapat terjalin dan program tindakan yang
diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.Strategi pemasaran terdiri dari prinsip
-prinsip dasar yang mendasari manajemen untuk mencapai tujuan bisnis dan pemasarannya dalam sebuah
pasar sasaran, strategi pemasaran mengandung keputusan dasar tentang pemasaran,bauran
pemasaran,bauran pemasaran dan alokasi pemasaran.
Dari pengertian diata struktu manajemen pemasaran strategis
menggambarkan masukan yang digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi
dan memilih strategi. Masukan tersebut diperoleh me
lalui analisis lingkungan
internal dan lingkungan eksternal. Kekuatan-kekuatan lingkungan makro yang
utama meliputi :demografi, teknologi, politik, hukum dan sosial budaya yang
mempengaruhi bisnis. Disamping itu perlu selalu memonitor pelaku-pelaku lingkungan mikro yang utama yaitu : pelanggan pesaing, saluran distribusi,
pemasok, pendatang baru dan produk pengganti yang akan mempengaruhi
kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba dipasar sasaran.
Dalam Strategi pemasaran terdiri atas lima elemen-elemen yang saling
berkait. Kelima elemen tersebut adalah
a.Pemilihan pasar, yaitu memilih pasar yang akan dilayani. Keputusan inididasarkan pada faktor-faktor berikut ini.
1)Persepsi terhadap fungsi produk dan pengelompokan teknologi yangdapat diproteksi dan didominasi;
2)Keterbatasan sumbar daya internal yang mendorong perlunya pemusatan(fokus) yang sempit ;
3)Pengalaman kumulatif yang didasarkan padatrial-aud-errordi dalammenanggapi peluang dari akses terhadap sumber daya langka ataupasar yang terproteksi.
Pemilihan pasar dimulai dengan melakukan segmentasi pasar dan kemudian
memilih pasar sasaran yang paling memungkinkan untuk dilayani oleh
perusahaan.
b.Perencanaan produk, meliputi spesifik yang terjual, pembentukan lini produkdan desain penawaran individual pada masing-masing lini. Produk itu sendiri
menawarkan manfaat total yang dapat diperoleh pelanggan dengan
melakukan pembelian. Manfaat tersebut meliputi produk itu sendiri, nama
merek produk, ketersediaan produk, jaminan atau gar
ansi, jasa reparasi dan
bantuan teknis yang disediakan penjual, serta hubungan personal yang
mungkin terbentuk diantara pembeli dan penjual;
c.Penetapan harga, yaitu menentukan harga yang dapat mencerminkan nilai
kuantitatif dari produk kepada pelanggan;
0 komentar:
Posting Komentar